Apa itu Penyakit HIV dan Bagaimana Bisa Menyerang Manusia?

HIV adalah virus yang menyebabkan AIDS. Ini merusak sistem kekebalan tubuh Anda, membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk sakit.

HIV menyebar saat berhubungan seks, tetapi kondom dapat membantu melindungi Anda.

HIV adalah infeksi yang dapat menyebabkan AIDS.

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus.

Ini adalah virus yang memecah sel-sel tertentu dalam sistem kekebalan tubuh Anda (pertahanan tubuh Anda melawan penyakit yang membantu Anda tetap sehat).

Ketika HIV merusak sistem kekebalan tubuh Anda, lebih mudah sakit parah dan bahkan mati karena infeksi yang biasanya bisa ditangkal oleh tubuh Anda.

Sekitar 1,1 juta orang di AS hidup dengan HIV, dan lebih dari 38.000 infeksi baru terjadi setiap tahun.

Kebanyakan orang dengan HIV tidak memiliki gejala apa pun selama bertahun-tahun dan merasa benar-benar baik-baik saja, sehingga mereka bahkan mungkin tidak tahu mereka memilikinya.

Setelah Anda terinfeksi HIV, virus tetap berada di tubuh Anda seumur hidup. Tidak ada obat untuk HIV, tetapi obat-obatan dapat membantu Anda tetap sehat.

Pengobatan HIV menurunkan atau bahkan menghentikan peluang Anda untuk menyebarkan virus ke orang lain.

Studi menunjukkan bahwa menggunakan pengobatan HIV sebagaimana diarahkan dapat menurunkan jumlah HIV dalam darah Anda sehingga tidak mungkin muncul pada tes – ketika ini terjadi, Anda tidak dapat menularkan HIV melalui hubungan seks.

Perawatan sangat penting (itu sebabnya tes sangat penting). Tanpa pengobatan, HIV dapat menyebabkan AIDS.

Tetapi dengan obat-obatan, orang dengan HIV dapat hidup panjang, hidup sehat dan menghentikan penyebaran HIV ke orang lain.

Apa perbedaan antara HIV dan AIDS?

Sumber Gambar: womenshealth.com

HIV adalah virus yang menyebabkan AIDS. AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome. HIV dan AIDS bukanlah hal yang sama. Dan orang dengan HIV tidak selalu menderita AIDS.

HIV adalah virus yang ditularkan dari orang ke orang.

Seiring waktu, HIV menghancurkan jenis sel penting dalam sistem kekebalan tubuh Anda (disebut sel CD4 atau sel T) yang membantu melindungi Anda dari infeksi.

Ketika Anda tidak memiliki cukup sel CD4 ini, tubuh Anda tidak dapat melawan infeksi seperti biasanya.

AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan yang dilakukan HIV pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Anda menderita AIDS saat mendapat infeksi berbahaya atau memiliki jumlah CD4 yang sangat rendah. AIDS adalah tahap paling serius dari HIV, dan itu menyebabkan kematian seiring waktu.

Tanpa pengobatan, biasanya dibutuhkan sekitar 10 tahun bagi seseorang dengan HIV untuk mengembangkan AIDS.

Pengobatan memperlambat kerusakan yang disebabkan oleh virus dan dapat membantu orang tetap sehat selama beberapa dekade.

Bagaimana Anda mendapatkan HIV?

Sumber Gambar: newsclick.in

HIV dibawa dalam air mani (cum), cairan vagina, lendir anal, darah, dan ASI.

Virus masuk ke dalam tubuh Anda melalui luka atau luka di kulit Anda, dan melalui selaput lendir (seperti bagian dalam vagina, rektum, dan pembukaan penis). Anda bisa mendapatkan HIV dari:

melakukan hubungan seks vaginal atau anal

berbagi jarum atau jarum suntik untuk menembak obat-obatan, tindikan, tato, dll.

terjebak dengan jarum yang memiliki darah yang terinfeksi HIV di atasnya

memasukkan darah, air mani (cum) yang terinfeksi HIV, atau cairan vagina ke luka terbuka atau luka di tubuh Anda

HIV biasanya menyebar melalui hubungan seks tanpa kondom.

Menggunakan kondom dan / atau bendungan gigi setiap kali berhubungan seks dan tidak berbagi jarum suntik dapat membantu melindungi Anda dan pasangan dari HIV.

Jika Anda memiliki HIV, pengobatan dapat menurunkan atau bahkan menghentikan kemungkinan penyebaran virus ke orang lain saat berhubungan seks.

Jika Anda tidak memiliki HIV, ada juga obat harian yang disebut PrEP yang dapat melindungi Anda dari HIV.

HIV juga dapat ditularkan kepada bayi selama kehamilan, kelahiran, atau menyusui. Wanita hamil dengan HIV dapat minum obat untuk mengurangi kemungkinan bayinya terkena HIV.

Fakta Tentang HIV AIDS

Ssumber Gambar: nih.gov

HIV tidak menyebar melalui air liur (ludah), jadi Anda TIDAK BISA mendapatkan HIV dari berciuman, berbagi makanan atau minuman, atau menggunakan garpu atau sendok yang sama.

HIV juga tidak menyebar melalui pelukan, berpegangan tangan, batuk, atau bersin. Dan Anda tidak bisa mendapatkan HIV dari kursi toilet.

Dahulu kala, beberapa orang mendapat HIV dari transfusi darah yang terinfeksi.

Tapi sekarang, memberi atau mendapatkan darah di pusat kesehatan benar-benar aman. Dokter, rumah sakit, dan pusat donor darah tidak menggunakan jarum lebih dari sekali, dan darah yang didonorkan diuji untuk HIV dan infeksi lainnya.

Leave a Reply