Itik-Itik Yang Dagingnya Membuat Selera Makan Anda Meningkat

Jenis-Jenis Itik Pedaging – Itik pedaging adalah itik yang dijaga atau diternak dengan teristimewa untuk membuahkan daging. Perihal ini tak lepas dari kekuatannya untuk menghasilkan daging yang tinggi. Daging itik ikut adalah satu diantaranya komuditi favorit sebab di dalam daging itik punya kandungan beragam zat serta gizi yang cukuplah tinggi dan daging itik punyai citra perasaan yang unik. Style Itik pedaging memperlihatkan ciri fisik serta ciri-ciri yang tidak sama dari style itik petelur. Style itik ada yang lokal ataupun itik import yang punya kualitas yang baik ataupun persilangan pada itik lokal serta itik import. Itik lokal umumnya punyai produktivitas telur ataupun daging yang lebih rendah. Tetapi tak semua style itik lokal punyai kualitas yang rendah. Ada sekian banyak antara lain punyai kualitas serta keunggulan hingga disilangkan dengan style itik import supaya selanjutnya membuahkan itik favorit.

Mengenai tanda-tanda itik pedaging unggul merupakan seperti dibawah ini :

Itik Paging Unggul Perkembangan badan Sangat cepat
Itik pedaging mesti punya perkembangan badan yang relatif singkat. Sebab saat panen bakal dikerjakan pada umur muda atau saat dagingnya masihlah lunak. Umumnya umur pemanen itik pedaging kebanyakan dibawah 12 minggu. Saat panen, mesti diusahakan berat tubuh itik telah penuhi beberapa syarat panen serta punyai daging yang banyak.

Itik Pedaging Unggul Punyai Kerangka badan yang besar
Itik pedaging mesti punyai tulang dada yang lebar serta panjang dan tulang paha serta kaki yang lebar juga. Sebab pada sisi berikut ini yang sangat banyak dagingnya.

Irit Pakan
Kepentingan pakan mengkonsumsi itik pedaging tambah tinggi kalau di banding dengan pakan yang dikonsumsi oleh style itik petelur. Akan tetapi sejumlah besar dari pakan itu dipakai untuk proses perkembangan serta disimpan dalam daging. Lewat kata lainnya, itik pedaging lebih efektif dalam mengubah pakan berubah menjadi tubuh/daging.

Itik Pedaging Unggul Perkembangan Bulunya Cepat
Pada umur siap panen, bulu-bulu itik itu seharusnya tumbuh dengan prima, berarti tidak lagi ada bulu-bulu kecil yang tumbuh. Jikalau ada banyak bulu yang baru tumbuh, bulu-bulu itu cukuplah sukar untuk di cabut hingga tampilan kulitnya berubah menjadi kurang menarik.

Beberapa jenis itik unggul yang termasuk juga type pedaging adalah sebagaimana berikut:

Itik Serati

Itik serati Style itik unggul yang termasuk juga type pedaging
Itik serati merupakan dari hasil persilangan pada entok jantan dengan itik lokal hingga membuahkan itik pedaging yang memiliki kualitas tinggi. Di pedesaan banyak itik serati tetapi memanfaatkan entok betina serta pejantan itik lokal tetapi akhirnya kurang memuaskan. Jadi bila bakal menyilangkan semestinya jangan sampai terbalik pada entok serta itik yang dipakai. Itik serati banyak dipakai pada kuliner nusantara seperti itik betutu, rica-rica itik, itik panggang, itik goreng serta ada banyak menu yang lain.

Entok

Entok style itik unggul yang termasuk juga type pedaging
Dari sisi perkembangan serta besarnya tubuh, sebetulnya entok tambah banyak membuahkan daging kalau kita banding dengan style itik lokal. Berat tubuh entok pejantan bisa menggapai 1.5 sampai 2 kali dari berat entok betina. Tetapi, jika jadi perhatian tingkat perkembangan entok rada dikit lamban sebab telur yang dihasilkannya dikit dan proses penetasan yang lebih lama jika dibanding dengan itik (35 hari).

Itik Peking

Itik peking style itik unggul yang termasuk juga type pedaging
Itik Peking adalah style itik pedaging yang datang dari Tiongkok (China). Style itik Peking termasuk juga yang sangat banyak dijaga atau diternak menjadi itik pedaging. Tanda-tanda itik Peking di antaranya adalah : Ekornya tegak lurus, tempat punggungnya rada miring ke belakang, lehernya tegak, punyai kaki pendek, perut itik peking seringkali sampai melekat ke tanah, warna bulunya menguasai putih bersih serta halus. Berat itik peking dewasa cukuplah tinggi, sekitar pada 3,5 sampai 5 kg dengan struktur daging yang lembut serta berwarna kekuningan. Banyak sekali kelebihan dari style itik pedaging ini.

Itik Tiktok

Itik tiktok adalah style itik pedaging unggul dari hasil persilangan pada entok jantan dari Taiwan serta itik Alabio betina. Umumnya teknik menyilangkannya dengan inseminasi hasil, bukan dengan perkawinan alami sebab style itik ini termasuk juga sukar dikawinkan dengan alami.
Sekianlah dikit kabar tentang beberapa jenis itik pedaging unggul yang begitu sesuai untuk dijaga atau diternak, data peternakan ini kami olah dari beberapa sumber

Leave a Reply