Noda Susah Hilang? Simak 5 Panduan Menyingkirkan Noda Pada Kaos Polos yang Satu Ini

Noda yang mengotori pakaian adalah hal menyebalkan yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Terlebih jika pakaian yang terkena adalah kaos polos. Kaos polos apalagi yang berwarna putih memang rentan terkena noda kotoran. Lalu bagaimana panduan menyingkirkan noda pada kaos polos yang benar?

Tidak ada yang lebih mengesalkan dari melihat kaos polos kesayangan terkotori noda makanan dan sejenisnya. Oleh karenanya, perlu bagi Anda untuk menjaga kebersihan pakaian yang dikenakan. Namun jika memang sudah terkena maka tidak ada jalan lain selain menghilangkannya, bukan?

Memang terdapat jasa sablon kaos yang banyak produk berbahan kimia yang bisa menghilangkan noda di pakaian, namun belum tentu produk tersebut bisa benar-benar membasmi noda yang membandel. Setiap pakaian dari berbagai konveksi kaos yang terkena macam-macam jenis noda maka beda pula penanganannya.

Berikut penjelasan panduan menghilangkan noda kaos polos yang tergolong cukup ampuh dan efektif berdasarkan penyebabnya:

Noda Karena Teh, Kopi, Wine, dan Soda

Image Source: elevenia.co.id

Untuk penyebab pertama adalah karena teh, kopi, wine, maupun soda. Jika nodanya disebabkan oleh beberapa minuman tersebut maka yang dapat Anda lakukan pertama kali adalah dengan merendam kaos itu di larutan cuka.

Jika tidak punya larutan cuka maka dapat menggantinya dengan air yang dicampur baking soda secukupnya. Diamkanlah selama beberapa saat. Jika sudah maka bilaslah kaos tersebut hingga benar-benar bersih.

Noda Karena Makanan

Apabila penyebabnya karena makanan maka noda dapat dihilangkan dengan direndam di larutan pencuci piring. Selain itu Anda dapat pula membuat pasta berkomposisi protease. Pasta tersebut terbilang efektif untuk mencegah protein berubah menjadi molekul yang lebih kecil.

Jika pasta sudah selesai maka gosokkanlah di atas kaos polos yang terkena nodanya. Diamkanlah selama 20 menit. Jika sudah maka bilas pakaian tersebut hingga bersih.

Noda Karena Lumpur

Selanjutnya adalah noda yang berasal dari lumpur. Panduan menyingkirkan noda pada kaos polos yang satu ini adalah dengan merendamnya ke dalam larutan detergen yang dicampur dengan air hangat.

Jika lumpurnya masih sulit hilang maka cucilah kaos polos tersebut dengan memakai hidrogen peroksida atau cuka. Dengan begitu noda di kaos polos bisa hilang.

Noda Karena Tinta dan Cat

Jika penyebabnya adalah karena tinta maupun cat maka terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba. Cara yang pertama adalah dengan menggosok noda itu dengan memakai cairan pencuci piring dan dibilas. Cara kedua adalah dengan menggosoknya memakai hairspray dan dibilas juga.

Cara yang ketiga adalah dengan menggosok noda dengan isopropil alkohol, lalu dibilas. Cara keempat juga digosok dengan memakai penghapus cat kuku. Jika sudah maka bilaslah. Sedangkan cara terakhir adalah menggosoknya dengan menggunakan pemutih pakaian yang terbilang aman.

Noda Karena Lipstik, Lemak, Serta Minyak

Noda yang berasal dari lipstik, lemak, serta minyak bisa hilang dengan baking soda. Caranya adalah dengan menggosokkan larutan baking soda ke noda kaos tersebut. Kemudian bilaslah hingga bersih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan larutan cuka sebagai penggantinya.

Rendamlah kaos di dalam larutan cuka. Gosoklah dengan memakai larutan pencuci piring juga. Jika noda masih ada maka bisa mencoba cara ketiga yakni dengan memberikan beberapa tetes WD-40 yang kemudian akan dioleskan di atas noda. Diamkan selama 10 menit lalu bilaslah.

5 panduan menyingkirkan noda pada kaos polos tersebut bisa menjadi solusi untuk menghilangkan noda membandel. Jika pakaian tidak dirawat sesuai dengan jenisnya maka pakaian bisa jadi cepat rusak. Termasuk kaos yang terkena noda. Itu sebabnya perawatannya haruslah sesuai.

 

 

Leave a Reply