Contoh Procedure Text How To Make A Noodle

Dalam belajar segala bahasa termasuk bahasa inggris, pasti akan belajar tentang procedure text. Teks yang dimaksud tersebut adalah teks yang berisikan cara-cara untuk melakukan suatu hal. Misalnya saja cara untuk membuat mie, cara untuk memasak telur, cara untuk membuat minuman coklat dan cara untuk melakukan hal lainnya.

Teks yang satu ini biasanya terdiri dari poin-poin yang didalamnya beriskan kalimat perintah. Teks yang satu ini bisa menjadi salah satu latihan dalam keterampilan menulis belajar bahasa asing. Keterampilan menulis memang menjadi suatu hal yang paling menyebalkan bagi pembelajar bahasa asing termasuk bahasa inggris. Mengapa demikian? Karena keterampilan menulis harus sesuai dengan tata bahasanya.

Jika salah satu penempatan katanya saja salah, maka akan langsung ketahuan. Tidak seperti keterampilan berbicara yang masih bisa dimaklumi jika ada kesalahan dalam tata bahasa,, keterampilan menulis tidak ada kata maklum. Sekali salah tetap salah.

Keterampilan Menulis

Image Source: geotimes.co.id

 

Untuk itu, keterampilan menulis ini bisa dibilang dihindari oleh para pembelajar bahasa asing. Namun untuk menulis sebuah teks procedure dalam bahasa inggris, sebenarnya caranya sangat mudah. Karena tata bahasa yang digunakan juga sangat sederhana sehingga tidak akan membuat pusing para pembelajar bahasa inggris.

Teks procedure dalam bahasa inggris biasanya diawali dengan judul How To Make …, yang diikuti oleh kata benda. Misalnya saja how to make a noodle atau how to make a cup of tea.

Setelah itu biasanya dilengkapi dengan bahan-bahan apa yang dibutuhkan dan selanjutnya menulis langkah-langkah yang harus dilakukan. Berikut sedikit contoh procedure text how to make a noodle. Noodle atau mie yang dimaksud dalam contoh berikut adalah mie instan sehingga bahan dan langkah-langkah yang ditulis cukup mudah.

Ingredients:

  1. Instan noodle
  2. Water

Keterangan di atas adalah langkah awal untuk membuat sebuah teks procedure. Diawali dengan menulis bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mie instan. Bahan-bahan yang disebutkan di atas adalah mie instan dan air.

Tentunya semua orang sudah tahu bahwa mie instan terdiri dari dua macam, yaitu mie instan goreng dan mie instan rebus. Untuk membuat keduanya, dibutuhkan air dan tentunya mie instan itu sendiri. Selanjutnya adalah bagaimana langkah-langkah pembuatannya atau dalam bahasa inggris disebut dengan steps.

Steps:

  1. Turn on the stove
  2. Then, put the pan on stove, while boiling the water
  3. After the water is boiling, put the instant noodles to the pan
  4. While boiling the noodles, prepare the dishes
  5. Open and place the instant noodle seasoning to the dish or plate
  6. After that, drain of the water in the pan
  7. Mix the instant noodles with the herbs that have been prepared
  8. Do not forget to spread the fried onion on the noodle
  9. Instan noodles is ready to eat.

Nah contoh steps di atas adalah contoh yang sangat sederhana dalam sebuah procedure text. Dimulai dengan menghidupkan kompor, kemudian merebus air, memasukkan mie instan, menyiapkan bumbu, menyaring air dan mencampurkan mie instan dengan bumbu yang telah dipersiapkan. Kemudian jangan lupa memberi bawang goreng dan mie instan goreng pun siap dimakan.

Bagaimana? Sangat mudah bukan belajar bahasa inggris dengan membuat teks procedure? Pastinya latihan yang cukup akan membuat pembelajar bahasa inggris terbiasa dengan keterampilan menulis sebuah teks procedure.

Leave a Reply