7 Tips Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan Normal

Kontraksi adalah kondisi di mana ibu hamil akan merasakan sakit atau nyeri sebelum menjalani proses persalinan. Namun kontraksi palsu juga terkadang di alami oleh ibu hamil yang membuat ibu hamil merasakan sesak pada rahimnya, dan mengendur kembali bergantian.

Tapi untuk kontraksi sebelum persalinan ini akan berlansung lama dan lebih kuat dari kontraksi palsu yang sebelumnya Anda rasakan. Kontraksi inilah yang membuat para ibu hamil merasa tidak nyaman sebelum proses persalinan berlangsung.

Untuk itu jika Anda mengalami kontraksi dengan rasa nyeri atau sakit saat ingin melahirkan secara normal, bisa Anda atasi dengan metode atau tips-tips di bawah ini. Metode ini telah Saya rangkum dalam 7 tips mengurangi rasa sakit saat melahirkan dengan normal.

1. Gunakan metode berendam dalam air

Air hangat dapat membuat tubuh Anda menjadi rileks, sehingga rasa pegal dan ngilu pada tubu akan cepat reda dan hilang. Ini mengapa mandi dengan air hangat setelah beraktivitas dan kelelahan akan membuat tubuh Anda terasa sangat segar kembali.

Metode ini bisa digunakan oleh para ibu hamil sebelum menjalani proses persalinannya. Karena, memang sebelum proses persalinan ibu hamil tentunya akan merasakan sakit yang seperti nyeri dan ngilu karena adanya kontraksi. Tetapi dengan berendam dalam air hangat akan membuat tubuh Anda rileks, dan membuat otot-otot dalam tubuh Anda menjadi kendur.

Untuk itu pentingnya memilih tempat bersalin yang tepat jauh-jauh hari sebelumnya. Agar Anda dapat mengetahui apa saja fasilitas bersalin yang ada di tempat tersebut. Akan lebih bagus jika tempat bersalin yang Anda pilih tersebut memiliki bathtub dalam ruangan bersalinnya, sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk berendam air hangat sebelumnya.

Anda bisa menyiram perut Anda juga dengan air hangat dengan menggunakan shower, yang akan membantu dalam meredakan rasa nyeri pada punggung Anda dengan tekanan airnya.

2. Silahkan bersuara

Rasa sakit yang dirasakan oleh ibu hamil menjelang proses persalinannya akan membuat ibu hamil tersebut merintih. Anda bisa mengeluarkan suara yang lebih rendah dan juga serasi dengan napas yang Anda keluarkan dari mulut.

Buatlah otot pundak Anda nyaman dan rileks kemudian olah napas Anda baik hingga otot-otot pada panggul yang menegang tersebut bisa menjadi kendur. Beberapa ibu hamil bahkan berhitung, menyanyi, dan ada juga yang ada juga yang berdoa dan mengulang bahan bacaan.

Menciptakan suara tersendiri ini untuk membuat diri Anda tersugesti agar tidak merasakan rasa sakit tersebut, dan fokus pada suara yang Anda buat seperti bernyanyi atau berhitung tersebut.

3. Posisikan tubuh Anda yang senyaman mungkin

Tidak melakukan banyak gerakan dengan memposisikan tubuh Anda di tempat persalinan senyaman mungkin bisa membuat Anda mengurangi rasa sakit. Tapi jika Anda melakukan sebaliknya yaitu melakukan kegiatan yang melawan gravitasi bumi maka rasa nyeri akan Anda rasakan kembali.

Posisi santai yang biasa dilakukan saat sebelum proses persalinan adalah dengan duduk dengan santai pada kursi kemudian bersandar pada dinding atau pada suami Anda kemudian membuka panggul dengan lebar.

Cara ini banya digunakan oleh para ibu hamil menjelang proses persalinannya agar tidak menimbulkan adanya intervensi yang mungkin saja bisa terjadi.

4. Mintalah dukungan dengan orang-orang terdekat di sekitar Anda

Biasanya proses persalinan normal yang ditemui di tanah air ini kebanyakan melalui proses persalinan seorang diri, atau tanpa ada keluarga atau orang terdekat yang menemaninya. Untuk itu agar Anda bisa lebih rileks dan lebih tenang, sebaiknya mintalah orang-orang terdekat Anda seperti suami, anak, orang tua atau keluarga lainnya menemani Anda saat proses persalinan berlangsung.

Orang yang mendampingi Anda bisa membantu Anda dalam mengurangi rasa nyeri yang Anda rasakan, dengan melakukan pemijatan pada daerah sakit yang sulit Anda jangkau seperti pinggul dan punggung. Apalagi untuk Anda yang menjalani proses persalinan yang baru pertama kalinya, hal ini sangat penting untuk Anda.

5. Beri pijatan pada daerah yang terasa nyeri (sakit)

Seperti yang Saya tulis pada point 4 di atas bahwa, orang yang Anda minta untuk menemani Anda saat proses persalinan dapat banyak membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri yang Anda rasakan dengan cara memberi pijatan.

Dengan pijatan tersebut rasa sakit yang Anda rasakan tentunya dapat berkurang. Cara pijatan yang baik adalah dengan mengarahkan arah pijatan ke bawah, kemudian iringi dengan tekanan yang lembut dan tidak terlalu keras. Bagian punggung dan pinggul adalah tempat paling banyak dirasakan sakit oleh ibu hamil, dan bagian itu tentunya akan sulit untuk dijangkau oleh ibu hamil.

Nah untuk itu, orang yang Anda pilih sebagai pendamping seperti suami atau saudara perempuan bisa membantu Anda. Orang yang memberi Anda pijatan tersebut juga bisa menggunakan bola tenis, untuk memutar-mutar pada bagian belakang dari punggung ke bawah.

6. Melakukan afirmasi

Paranaoid adalah kondisi akan ketakutan terhadap sesuatu. Ini biasa dialami oleh sebagian orang, dan juga ibu hamil yang menjelang persalinan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memberi sugesti terhadap pikiran Anda tentang hal-hal yang positif agar bisa melupakan rasa sakit yang Anda rasakan.

7. Berpikir positif dan menyenangkan

Hal ini juga masih berhubungan dengan poin di atas. Tetap berpikir jernih saat sebelum proses persalinan di mulai untuk mengalihkan perhatian Anda pada rasa sakit yang Anda rasakan.

Mengobrol dengan suami atau orang yang Anda temani juga bisa membuat Anda lebih rileks dengan menceritakan keluhan rasa sakit yang Anda rasakan.

Leave a Reply