Perbedaan Dan Contoh Kalimat Dalam Bahasa Inggris Penjelasan ‘’Yep’’ Dan ‘’Nope’’ Dalam Bahasa Inggris Lengkap

Dalam setiap bahasa, pasti akan ada bahasa formal dan non formal. Bahasa formal ini biasanya digunakan dalam situasi yang formal misalnya saja dalam sebuah penelitian, rapat dan situasi formal lainnya. Sementara itu, bahasa non formal penggunaannya bisa dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja dalam percakapan dengan teman atau keluarga. Penggunaan bahasa non formal ini juga digunakan dalam bahasa inggris.

Biasanya bahasa non formal dalam bahasa inggris disebut dengan bahasa slang. Bahasa ini biasanya digunakan oleh para pemuda pengguna bahasa inggris sebagai bahasa pertama. Sehingga pembelajar bahasa inggris biasanya akan sulit mengenali arti atau maksud dari bahasa tersebut.

Slang dan Non Formal

Image Source: 123rf.com

Salah satu bahasa non formal atau slang dalam bahasa inggris adalah yep nope. Kedua kata tersebut sering kali didengar atau dibaca oleh pembelajar bahasa inggris. Lalu sebenarnya, apa yang dimaksud dari kedua kata tersebut? Mengapa kedua kata tersebut sering sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari bahasa inggris?

Kata yep dan nope sebenarnya arti dan maksudnya sangat mudah untuk dipahami. Tetapi untuk pembelajar bahasa inggris pemula, pasti akan sulit untuk mengenali arti dan maksud dari kedua kata tersebut. Kata yep ini sebenarnya berarti sama dengan yes, yaitu ya. Namun penggunaan kata yep biasanya digunakan dalam percakapan sehari-hari dan dalam situasi non formal. Kata yep biasanya digunakan dalam sebuah percakapan seperti berikut.

Lisa : I hear that you will pass your final exam this week?

Thomas : Yep, wish me luck.

Kata yep pada percakapan di atas berarti ya yang sama dengan kata yes. Hanya saja kata yep ini seringkali digunakan oleh anak muda dan dalam situasi yang non formal atau tidak formal. Cukup mudah untuk mengingat kata yang satu ini karena sama artinya dengan yes.

Penggunaannya pun juga sama seperti kata yes. Jadi sebenarnya sangat mudah untuk dipahami. Yep nope juga sering digunakan pada saat seseorang ingin mempersingkat sebuah percakapan. Misalnya saja dalam contoh kalimat berikut.

Thomas : Do you have a pen, Lisa?

Lisa : Nope.

Kata nope pada percapakan di atas sudah sangat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Thomas. Biasanya jika untuk pembelajar bahasa inggris pemula dibutuhkan jawaban, seperti No, I don’t atau No, I don’t have. Jadi kata nope bisa mewakili keseleuruhan jawaban dan bisa mempersingkat sebuah kalimat.  Perlu diketahui bahwa kata nope ini sama artinya dengan no yang berarti tidak.

Kata nope juga sama dengan kata yep, digunakan dalam situasi non formal atau tidak formal. Nope juga merupakan kata slang bahasa inggris yang biasanya digunakan anak muda dalam percakapan sehari-hari. Untuk pembelajar bahasa inggris, tentu bisa menggunakannya dalam percakapan sehari-hari sehingga kosakata bahasa inggrisnya bisa terus bertambah.

Selain menambah kosakata, yep nope juga bisa membuat pembelajar mengetahui situasi saat sedang berbicara. Situasi yang dimaksud adalah situasi formal atau non formal. Kemudian kedua kata tersebut juga bisa membedakan kepada siapa seseorang berbicara. Yep dan nope biasanya digunakan saat berbicara kepada orang yang seumuran.

Nah bagaimana? Mudah bukan belajar bahasa inggris? Mudah juga bukan belajar menentukan makna atau arti dari kata yep dan nope? Sekarang kosakata dalam bahasa inggris pun bertambah dan tentunya belajar bahasa inggrisnya pun semakin lancar. Teruslah perbanyak membaca teks atau berbicara bahasa inggris agar kemampuan berbahasa inggris semakin meningkat.

Leave a Reply